Senin, 15 Juli 2013

, , , ,

Haruskah Humas itu Perempuan Muda lagi Cantik?

Ada stereotif bahwa Humas itu perempuan, muda dan cantik. Jadi bagi anda yang secara fisik tidak memenuhi kriteria itu tidak cocok menjadi Humas. Apakah anda termasuk orang berpandangan demikian?

Menurut pengalaman saya, syarat utama menjadi Humas itu harus menarik. Jadi tidak harus cantik atau tampan, melainkan menarik. Pribadi menarik seorang humas dapat dilihat dari tutur kata, sikap, berpakaian juga secara fisik.

Humas disebut menarik jika orang merasa nyaman bicara dengannya. Kenyamanan ini biasanya disebabkan kemauan mendengar dengan seksama keluhan klien. Juga mampu mencerna isi pembicaraan sehingga pasien/keluarga merasa nyambung atau klik. Dan Humas dalam memberikan tanggapan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Menarik itu juga dilihat seberapa antusias dan empati kita saat melayani klien.

Tentu saja, menariknya seorang Humas juga harus ditopang dengan penampilan yang profesional seperti berpakaian rapi, bersih dan wangi.

Syukurlah, jika secara fisik dapat terpenuhi humas yang muda dan cantik/tampan itu. Anggaplah sebuah 'bonus"!

6 komentar:

  1. Ikutan menginspirasi di hari Minggu dalam rangka #30harinonstopngeblog
    http://becomingputri.blogdetik.com/2013/08/18/lingkaran-hidup-tanpa-pembantu/

    BalasHapus
  2. Salam taklim pak Anjari, dalam kehumasan benar sekali jika wajah nan rupawan merupakan sebuah bonus, namun perlu diingat untuk kasus-kasus tertentu wajah nan rupawan tersebut sepertinya mesti disembunyikan terlebih dahulu, sebut saja kasus lumpur lapindo, apakah humas yang cantik mampu membendung kemarahan warga? atau yang baru saja terjadi di wajah dunia Medis Indonesia, Edwin Timothy Sihombing seorang bayi yang terpaksa kehilangan separuh bagian dari jari telunjuk kanannya di sebuah RS Harapan Bunda Bogor. Apakah wajah cantik PRnya mampu mengobati rasa hancur orang tuanya??
    Kesimpulan saya adalah untuk waktu tertentu ternyata memerlukan wajah tertentu pula.

    BalasHapus
  3. wah.. setuju banget sama Eyang :)


    ini ada blog saya.. semoga bisa menginspirasi :)
    http://areashare.blogdetik.com/2013/08/20/kenapa-ikut-lomba-blogging/

    BalasHapus
  4. semoga ini bermanfaat :) http://areashare.blogdetik.com/2013/08/21/membaca-jadi-passion/

    BalasHapus
  5. Cantik/Tampan itu bukan 'bonus' tapi anugerah. Anugerah yang harus dilengkapi akhlak yang baik. Kalo perusahaan punya humas yang cantik/tampan juga akhlak yang baik maka beruntung sekali perusahaan tesebut.

    BalasHapus